POA IKGM

0 Komentar

STATUS KESEHATAN GIGI DAN MULUT SERTA RENCANA PROGRAM PELAYANAN SISWA-SISWI KELAS III C DAN III D SD SARASWATI 5 DENPASAR

BAB I
PENDAHULUAN

  A.    Latar Belakang
       Penyuluhan kesehatan adalah kegiatan pendidikan kesehatan, yang dilakukan dengan menyebarkan pesan, menanamkan keyakinan, sehingga masyarakat tidak saja sadar, tahu dan mengerti, tetapi juga mau dan mampu melakukan anjuran yang ada hubungannya dengan kesehatan. Penyuluhan atau Pendidikan Kesehatan Gigi (PKG) adalah suatu proses belajar yang ditujukan kepada individu dan kelompok masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan gigi yang setinggi-tingginya (Nofalia, 2011).

       Masa usia sekolah dasar merupakan saat ideal untuk melatih kemampuan motorik seorang anak, termasuk menyikat gigi. Dilihat dari segi usia rentannya anak yang terkena penyakit, maka penyuluhan terutama ditujukan pada golongan yang rawan terhadap gangguan kesehatan gigi dan mulut yaitu anak SD. Usia 6-14 tahun merupakan usia transisi atau pergantian gigi desidui dengan gigi permanen (masa gigi bercampur). Di samping itu, anak SD kurang dapat menjaga kebersihan gigi dan mulut (Nofalia, 2011).

           Menurut WHO (2007), karies gigi menjadi masalah utama bagi murid  Sekolah Dasar yaitu  (60 – 90 %) dan lebih dari 50 juta jam sekolah pertahun hilang sebagai akibat yang ditimbulkan oleh sakit  gigi pada anak, Sementara di Semarang menurut hasil penelitian Pamunarsih (2008) yang dilakukan di salah satu wilayah kecamatan di Kota Semarang menunjukkan bahwa status kesehatan gigi anak prasekolah sebesar 74% bermasalah, hal ini tidak terlepas dari faktor perilaku orang tua yang memberikan kontribusi mempengaruhi status kesehatan gigi dan mulut anak prasekolah. 
Penelitian ini dilakukan di pada siswa-siswi kelas kelas III C dan III D SD Saraswati 5 Denpasar dengan jumlah keseluruhan siswanya sebanyak 63 siswa. Kami melakukan penelitian tentang prevalensi karies, rata-rata karies, gigi yang sudah dirawat dan yang belum dirawat kemudian menyusun program kesehatan gigi untuk anak-anak kelas III C dan III D SD Saraswati 5 Denpasar.
 

0 Komentar:

Posting Komentar